Referee Gianluca Rocchi checks the Video assistant referee (VAR) during the Italian Serie A football match AS Roma vs Lazio on November 18, 2017 at the Olympic stadium in Rome. (Photo by Vincenzo PINTO / AFP) (Photo credit should read VINCENZO PINTO/AFP via Getty Images)

Akhirnya titik terang kembali berlaku di Serie-A, hari ini seperti yang diungkapkan dalam pernyataan FIGC dimana tim-tim di Serie-A boleh meminta peninjauan VAR saat sesuatu terjadi di lapangan kepada wasit utama.

Permintaan tersebut berawal dari permintaan beberapa klub Serie-A yang merasa kerap dirugikan oleh wasit dan mengadukan ini  kepada FIGC. Menindaklanjuti hal tersebut, Federasi Sepakbola Italia memenuhi permintaan tersebut dan akan langsung diaplikasikan mulai pertandingan Serie-A akhir pekan ini hingga akhir musim. Hal ini segera dilakukan karena kompetisi Serie-A memerlukan keterbukaan dalam peninjauan teknologi ini. Berikut pernyataan Federasi Sepakbola Italia :

“FIGC telah menafsirkan permintaan yang diterima dalam beberapa pekan terakhir oleh banyak klub Serie A dan telah memberi tahu FIFA secara informal tentang kesediaannya untuk bereksperimen dengan penggunaan ‘challenge’ (tim yang meminta ulasan di lapangan).

“Asosiasi Sepakbola Italia yakin bahwa, dengan melanjutkan jalur yang sudah dilakukan, sepakbola dapat dibawa ke dimensi yang semakin dekat dengan jutaan penggemar, tanpa memengaruhi otoritas wasit melainkan dengan memberinya alat teknologi yang konkret.
 
“Presiden Gabriele Gravina juga telah memberi petunjuk ketua wasit liga Nicola Rizzoli tentang kebutuhan ini, untuk segera mengintensifkan penggunaan ‘challenge’ di lapangan dalam kasus-kasus kontroversial.”

Namun, semua akan tergantung pada peraturan internasional dari IFA. Setidaknya, Serie A telah memberi tahu FIFA bahwa klub bersedia menguji sistem ‘challenge’ dan mungkin menerapkannya untuk kebaikan sepakbola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here