MILAN, ITALY - FEBRUARY 24: Milan Skriniar of FC Internazionale celebrates after the opening goal during the serie A match between FC Internazionale and Benevento Calcio at Stadio Giuseppe Meazza on February 24, 2018 in Milan, Italy. (Photo by Claudio Villa - Inter/Inter via Getty Images)

Terlihat sudah ada peningkatan level dan kesolidan baik di dalam maupun luar lapangan. Milan Skriniar awalnya hanya untuk sekedar bisnis. Namun, di musim ketiganya bersama I Nerazzurri satu tujuan utama dan prioritasnya yakni memenangkan trofi. Dia tidak main-main soal kata-katanya atau ada makna yang disembunyikan dalam perkataannya. Skriniar yakin bahwa peluangnya untuk mendapatkan trofi sangatlah terbuka.

Kami tim (Corriere Dello Sport) berkesempatan bertemu dengannya pada Rabu sore setelah makan siang disekitaran taman hotel di Lugano. Berlatar belakang danau yang mengesankan dan gunung-gunung seakan menggambarkan pemain dengan nomor punggu 37 tersebut. Kami terus bertanya mengenai Conte terutama tentang metodenya yakni ‘bekerja’. Berikut hasil wawancara kami dengan Skriniar.

– Hello Skriniar, anda telah berada di Inter selama 2 tahun. Namun, belum mendapatkan trofi sama sekali. Bersama Conte, dapatkah ini menjadi tahun yang tepat untuk mendapatkannya?

Kami bekerja sangat keras untuk tujuan utama itu. Itu adalah suatu kemungkinan yang bisa dicapai tetapi kita harus bekerja sangat ekstra untuk siap dalam segalanya (kegagalan)”.

– Presiden Zhang sangat bersemangat untuk memulai musim baru dan dirinya inginkan kemenangan. Apakah anda dapat memuaskannya?

Aku yakin bisa. Kami memiliki pelatih baru dengan staff teknis baru juga. Kami sangat termotivasi akan hal itu. Saya tidak sabar untuk memulai awal musim baru ini”.

– Apakah Juventus akan menjadi favorit (lagi) untuk Scudetto atau anda mengharapkan liga yang kompetitif?

Juve telah memenangkan trofi ini sejak 8 tahun lalu, ini kenyataannya. Tetapi waktu yang tepat telah datang untuk mencoba menjaga asa dan mengalahkan mereka. Untuk inilah kami bekerja”.

– Conte mengatakan bahwa “kita harus memiliki setidaknya peluang untuk menang dan kemudian kita mulai bekerja pada persentase itu”. Apakah anda menyukai ide ini?

Ini adalah cara berpikir yang benar. Kami memiliki skuad yang kuat dan harus berupaya mencapai tujuan yaitu memenangkan trofi. Ketika kamp pelatihan dimulai, anda tidak bisa memikirkan peluang posisi kedua (harus nomor satu). Mereka yang bermain untuk Inter harus memiliki mentalitas seperti Conte”.

– Apa yang paling mengesankan bagi anda tentang sosok Conte dalam latihan?

Dia sosok pekerja keras. Saya suka cara dirinya menjelaskan sesuatu secara detail terutama cara bermain yang di inginkannya seperti formasi dan setiap pergerakan. Dibandingkan dengan masa lalu, kami telah banyak berubah dalam hal-hal tertentu”.

– Perubahan terbesar akan terjadi dari skema menggunakan 4 bek menjadi 3. Apakah anda merasa cemas?

Tidak, tetapi pada saat yang sama itu adalah cara bermain yang sangat berbeda. Kami harus memahami dan mempelajari setiap detailnya. Saya bermain dalam formasi 3 pertahanan hanya dua kali musim lalu, namun saya akan beradaptasi secepatnya”.

– Anda juga memiliki pelatih yang peduli dengan taktik permainan. Akankah ini membantu?

Kami sudah harus mulai menghafal beberapa taktik tetapi masih ada waktu dan masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Kita harus memaknai momen-momen seperti dengan sepenuh hati dan semua orang harus bekerja dengan tujuan yang sama dan juga pada lembaran (kesepakatan) yang sama”.

– Bisakah anda ceritakan tentang percakapan pertama dengan Conte

Dia memanggil saya ketika saya berada di tempat latihan bersama tim nasional pada awal bulan juni. Dirinya menyapa dan bertanya tentang kondisi saya. Kemudian berlanjut pada telepon seluler untuk saling mengenal”.

– Apakah mental juara Conte kepingan yang hilang di Inter selama bertahun-tahun? Inter belum pernah sekalipun menang sejak 2011.

Aku pikir begitu. Mempunyai mental juara adalah faktor penting dan bisa bertindak sebagai penentu sesuatu hal. Menang atau tidak sama sekali, begitulah. Anda harus selalu mempunyai target yang tinggi dan tidak pernah merasa puas”.

– Apa yang bisa Godin berikan kepada Inter?

Dia tahu bagaimana cara bermain di lini pertahanan terutama menggunakan pola 3 bek. Memiliki pengalaman dan mental berjuang yang kita butuhkan. Dia juga terbiasa menghadapi pemain kelas dunia dan sering menghentikan mereka. Godin menjadi pembelian yang bagus”.

– Siapa bek tengah terbaik di dunia?

Saat ini Van Djik”.

– Apa yang bisa anda pelajari dari pemain asal Belanda tersebut?

Ketika anda melihat liverpool bermain. Anda tidak boleh melewatkannya, kehadirannya di lapangan sangat kuat”.

– Apa yang membuat anda iri terhadap Koulibaly?

Agresif dalam menempatkan posisi terutama dalam duel-duel tertentu. Dia jelas tidak pernah menyerah”.

– Apakah duet Koulibaly – Manolas yang terbaik saat ini di Liga?

Kita akan melihatnya. Mereka adalah dua pemain hebat tetapi ada pemain bertahan yang hebat lainnya (tersenyum)”.

– Apakah anda ingin melihat De Light di Italia?

Dia memiliki musim yang sangat luar biasa bersama Ajax. Jika dia datang, dia perlu menaikkan levelnya. Karena disini kita bekerja dengan taktik yang lebih detail dibandingkan liga lainnya”.

– Pendapat anda tentang Gianluca Mancini yang mendekat ke Roma?

Dia bagus dan masih muda. Dia menunjukan kemampuannya musim lalu dengan keahliannya sebagai pemain bertahan yang cepat menutup ruang gerak musuh dan tidak takut dalam situasi satu lawan satu”.

– Deskripsikan Vavro yang baru menjadi pemain anyar Lazio?

Pada tahun itu, dia sangat bagus dan seperti binatang buas secara fisik. Dia akan belajar banyak hal disini terutama dalam taktik dan pergerakan. Saya bermain dengannya di Zillina dan tim nasional. Dia baik dan saya senang dia berada disini (Italia)”.

– Apakah anda akan memberinya nasehat?

Kami berbicara selama kamp pelatihan terakhir saat membela tim nasional. Kemudian, dia meminta saran dan informasi sebab dirinya mendapatkan banyak tawaran. Saya mengatakan kepadanya untuk mencoba pengalaman baru tanpa rasa takut atau ragu sekalipun. Karena bermain disini, kita akan banyak mengalami peningkatan. Itu saya alami dan dirinya pun akan segera merasakannya. Saya yakin dia akan melakukan tugasnya denagn baik untuk Lazio”.

– Apa yang anda pikirkan ketika membaca bahwa nilai transfer anda sudah menyentuh angka 100 juta euro?

Saya tersanjung. Saya terus fokus melakukan pekerjaan dengan baik. Jika mereka mengatakan nilai saya terus bertambah, itu berarti saya melakukannya dengan baik”.

– Ya, anda sangat bernilai. Apakah itu menambah tekanan dalam diri?

Ketika saya menginjak kaki di lapangan, saya sudah tidak memikirkan hal-hal lainnya. Ketika anda melihat lawan yang dihadapi, saya fokus menghadapinya. Semuanya hanya terfokus pada satu tujuan yakni membantu rekan tim”.

– Dalam beberapa bulan terakhir, Barcelona, Real Madrid dan klub-klub besar Inggris menginginkan anda. Pernahkah tergoda untuk meninggalkan Inter?

Banyak hal yang diebritakan dan kata-kata yang ditulis tetapi hingga saat ini tidak satupun tawaran resmi yang datang. Saya ingin tinggal dan baru saja memperbarui kontrak. Saya sangat senang sekarang karena hasil kerja keras yang telah dilakukan. Saya berusaha untuk terus mengenakan seragam Inter!”.

– Apakah anda pernah bermimpi untuk menjadi kapten di masa depan?

Ini akan sangat menyenangkan jika terwujud. Tetapi saat ini saya tidak memikirkannya karena ada Handanovic yang telah mengemban tugas tersebut. Saya berkonsentrasi penuh untuk menghadapi musim depan”.

– Kesan yang dibuat oleh Sensi dan Lazaro?

Saya suka Sensi saat masih membela Sassuolo. Kemampuan teknik dia sangat kuat dan memiliki jiwa yang besar. Lazaro sangat cepat, sangat mengesankan saat memulai sesi latihan”.

– Apakah kalian sudah memaksa mereka untuk bernyanyi dan berdiri sebagai salam perkenalan?

Masih belum. Kami akan melakukannya ketika semua tim telah berkumpul”.

– Bagaimana tim menghadapi situasi Icardi dan Nainggolan? Keduanya dipastikan keluar dari proyek klub.

Mereka ada disini bersama kami, terus bekerja disini dan tinggal bersama kami di hotel. Setiap keputusan yang dibuat adalah tanggung jawab pelatih dan pihak klub. Hal-hal seperti ini biarkan mereka (manajemen) yang menjawab”.

– Menghadapi Icardi sebagai lawan saat berseragam Juve musim depan. Kemungkinan yang akan terjadi?

Mauro adalah rekan satu saya di Inter dan saat ini saya tingin membayangkannya berada di tim lain”.

– Striker paling berbahaya yang pernah anda hadapi?

Cristiano Ronaldo. Bahkan saat dirinya hanya jalan santai diatas lapangan. Kemudian menerima umpan yang matang, sudah cukup baginya untuk mencetak gol”.

– Dzeko masih menjadi lawan anda, apakah anda akan senang jika dirinya bergabung dengan Inter?

Dia membuatku sangat tidak nyaman karena secara fisik dia sangat kuat. Dia selalu menjaga bola areanya dengan baik dan memiliki pengalaman (mengelabui lawan). Tidak mudah menghadapi dirinya. Saya ingin sekali dia berada disini mengenakan seragam Inter”.

– Pernahkah anda berpikir untuk segera menikahi Barbora?

Belum untuk saat ini karena kita belum merencanakan apapun”.

– Apakah anda cemburu jika dirinya memposting foto seksi di media sosial dan para penggemar memberikannya pujian?

Dia selalu meminta izin saya terlebih dahulu untuk memposting segalanya. Saya bisa mengatasi hal tersebut (tertawa)”.

– Liga Champion apa harapan anda untuk musim yang akan datang?

Kami akan melihat siapa yang akan menjadi lawan. Tapi sebelum itu kami harus menunggu undian terlebih dahulu”.

– Jika anda belum menjadi pesepakbola, apa yang akan anda lakukan?

Aku tidak tahu. Keluarga saya suka sepakbola dan saya tidak pernah benar-benar mempertimbangkan rencana lain. Sepakbola selalu menjadi bagian dari hidupku”.

– Trofi apa yang anda impikan?

Trofi Liga Champion bersama Inter dan mengangkat piala bersama tim nasional. Saya yakin akan berhasil menggapainya”.

Source/Sumber: CdS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here