Sebuah badan yang bergerak dalam bidang akuntan publik, Deloitte merangkum semua laporan keuangan para tim-tim di lima liga top eropa dan membuat daftar atas posisi keuangan pada akhir periode pelaporan 2018/19.

Juventus masih menjadi tim yang dinilai secara keuangan terbaik di Italia, tim berjuluk nyonya tua memiliki omzet berkisar diangka  459,7 juta euro, naik secara signifikan dari laporan sebelumnya (394,5 juta euro pada 2017-2018). Selain Juventus, ada Inter dan Napoli dalam daftar 20 klub dengan pendapatan terbaik pada periode musim lalu.

Inter bertahan pada posisi 14, namun dengan peningkatan pendapatan yang signifikan menjadi 364,6 juta euro atau sama dengan kenaikan pendapatan 30% dari pelaporan sebelumnya, peningkatan terbesar dalam sejarah klub menurut Deloitte. Hal ini tak terlepas dari pendapatan dari hak siar karena Inter kembali berlaga di Liga Champions UEFA.

Klub Italia lainnya, Napoli mengalami kenaikan pendapatan di angka 13% dari musim sebelumnya, AS Roma -8% dan AC Milan -2%, sehingga dua klub yang disebutkan terakhir terhempas dari 20 klub dengan pendapatan terbaik di Eropa.

Berikut daftar 20 klub terbaik secara laporan keuangan dari sisi pendapatan :

Deloitte Football Money League 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here